Friday, July 01, 2005

things about roaches

gua benci banget sama kecoak sampe2 gua suka cari info2 tentang kecoak.. aneh ya? :|
well anyway, i think i'm gonna share some roach trivias

  1. kecoak punya dua otak. satu di kepala, ini otak yg lebih canggih diantara keduanya, otak ini yg ngatur naluri untuk cari makan, tidur, dsb.. otak yg satunya, yang lebih primitif, ada di dekat kaki belakangnya. otak yg kedua ini ngatur insting untuk lari menghindar.
  2. kalau seekor kecoak kehilangan kepalanya, dia masih bisa hidup sampai sekitar seminggu setelahnya. (karena masih punya satu otak lagi di belakang)
  3. kecoak bisa bereaksi cepet banget untuk menghindar karena otaknya yang kedua. jadi sementara otaknya yang "canggih" (ya secanggih2nya otak kecoak gimana sih) masih mikir untuk makan dan segala macem, begitu dia ngerasa terancam, si otak yg kedua bisa langsung nyuruh si kecoak kabur tanpa nunggu konfirmasi otak pertama.
  4. kecoak yg bisa terbang itu cuma kecoak betina
  5. kecoak jantan punya semacam kait/capit di bagian belakang badannya yg digunakan untuk nempel ke kecoak betina waktu mereka kawin.
  6. telor kecoak ukurannya sekitar 1 - 1.5 cm, keras, warnanya coklat tua hampir hitam, satu telor bisa netasin 12 bayi kecoak.
  7. satu kecoak yang terlihat berarti ada sekitar 100 kecoak yg gak terlihat di daerah tersebut.
  8. cara paling efektif ngebunuh kecoak pake air panas. gak beracun, tinggal dilap setelah kecoaknya mati huehehe
  9. kalo kecoak dibunuh, dia bakal ngeluarin sejenis protein untuk memperingatkan kecoak lainnya. kalau protein ini kena kulit manusia, bakal bikin gatel2, jadi ati2 aja..
  10. belom kepikiran.. nanti ditambahin.. huahaha

2 comments:

Albert said...

heheh weird stuff ... another trivia for you:

some scientists say if it comes to a global nuclear war which will result in a global winter, meaning the return of an ice age, the ones surviving are the cockroaches, not humans.

intankece said...

iya bener jijik bgt deh ma kecoa.
kl dideketin mau dibasmi suka sok2 berani dengan nyamperin secara cepet/terbang.hiiiiiyyy....
katanya emang kecoa walau udah gada kepala tetep bisa bertahan hidup sampai 9 hari sampai akhirnya mati krn ga bisa makan.
trus katanya(lagi) kecoa jaman purba itu gedenya amit2 segede bantal.ihh alhamdulillah gw hidup di millenium kedua.